Senin, 07 November 2016
Home »
Tugas Blog Guru
» materi 32
materi 32
Ringkasan Materi A. Teks; yang dimaksud dengan teks dalam hal ini adalah naskah tertulis atau bacaan
B. Jenis Teks; jenis teks yang dimaksud dalam kompetensi ini ialah teks continuous seperti
narasi, eksposisi, deskripsi, argumentasi, persuasi, instruksi dan teks non continuous seperti
petunjuk, jadwal, label, formulir, selebaran, iklan, resep makanan, brosur, surat pribadi, dll.
C. Informasi tertentu; informasi tertentu diperoleh dengan cara melihat sekilas atau membaca
dengan cepat kerena informasi ini tertera jelas dalam teks. Informasi tertentu biasanya
merupakan jawaban pertanyaan tentang siapa, dimana, kapan
Contoh:
Questions: a. Who controls the game in a football?
b. How many players does each team have in a professional team?
Answers: a. the referee (lihat baris ke- 3 paragraf 1)
b. more than eleven players ( lihat baris ke- 1 paragraf 2 )
In a football game, some people do not play the game. They have important
roles in a football game. They are the coach, the referee, the linesmen, and the
spectators. The coach trains the players how to play the game. The referee controls
the game. He blows the whistle when there is any violation. The linesmen help the
referee control the game. One group of spectators usually supports one of the two
teams. Another group of spectators supports the opposing team.
In a professional football match, each team has more than eleven players. Not all of
them play the game. Some of them watch the game from the side of the field. They
will play when they have to substitute any player who gets serious injury.
KOMPETENSI 1
Siswa mampu memahami teks narasi, eksposisi, deskripsi, argumentasi, instruksi,
dan dokumentasi dengan menentukan informasi tersurat/tersirat, gambaran umum,
pikiran utama, serta menafsirkan makna kata, frasa dan kalimat berdasarkan
konteks.
Tidak diperjualbelikan
Panduan Materi Bahasa Inggris SMP/MTs
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan 4
D. Gambaran umum; intisari, topik, pokok isi bacaan. Sub kompetensi ini biasanya
menanyakan judul dari teks bacaan atau tentang apa ( topik ) teks bacaan.
Contoh: Read this paragraph!
Question: What does the paragraph mostly talk about?
Answer: The Safari Park
E. Pikiran utama ( main idea ) tersurat; keterangan, penjelasan atau pendapat penulis tentang
topik subjek penulisan. Pikiran utama tersurat merupakan kalimat utama ( topic sentence )
dari suatu teks bacaan atau paragraf. Kalimat utama tersebut terdapat pada bagian awal,
bagian tengah atau bagian akhir dari suatu teks tetapi umumnya terletak dibagian awal.
Pikiran utama biasanya merupakan sebuah kalimat atau pernyataan lengkap.
Contoh:
Question : What is the main idea of the paragraph?
Answer : Bicycles are very popular today in many countries.
( lihat kalimat utama yang terletak di awal paragraf )
F. Pikiran utama tersirat; keterangan, penjelasan atau pendapat penulis tentang topik subjek
penulisan. Pikiran utama tersirat tidak terdapat pada kalimat utama ( topic sentence ) tetapi
diperoleh dengan cara menyimpulkan dari kalimat-kalimat dalam suatu teks bacaan atau
paragraf.
G. Informasi rinci; informasi yang tidak tertera secara jelas pada teks bacaan. Untuk
memperoleh informasi ini, kita harus membaca secara rinci atau intensif (intensive reading )
setiap bagian dari suatu teks bacaan.
0 komentar:
Posting Komentar